Thursday 1 March 2018

Cara membolongkan objek (Boolean) pada Blender

            Halo bro/sis, kembali lagi bersama saya diblog ini dalam postingan Cara membolongkan objek (Boolean) pada Blender. Disini saya akan menunjukkan bagaimana cara membolongkan objek pada Blender.


            Dalam membuat objek 3D, ada kalanya kita harus membolongkan beberapa face pada objek agar terlihat lebih detail. Seperti objek velg motor, velg mobil, dan masih banyak lagi. Disini saya akan menunjukkan Cara membolongkan objek (Boolean) pada Blender dengan cara yang mudah, mari disimak penjelasan saya dibawah ini,

Langkah 1 : Buka aplikasi Blender dan objek yang ingin bro/sis edit.


Langkah 2 : Disini saya menggunakan Cube sebagai contoh dan ingin membuat bolong pada tengah Cube tersebut secara horizontal. Maka saya harus membuat 1 objek lagi yaitu Cylinder agar sisi tengah Cube tersebut dapat bolong. Untuk membuat efek bolong pada Cube, objek Cylinder harus ditimpa ditengah objek Cube tersebut. Berlaku juga untuk seluruh objek yang ingin dibolongkan.


Langkah 3 : Jika sudah dibuat objek Cylinder dan ditimpa ditengah objek Cube, aktifkan objek Cube dan buka Modifiers > Add Modifier > Boolean sehingga muncul kotak dialog seperti dibawah ini.


kotak dialog modifier
 Langkah 4 : Ubah Operation menjadi Difference dan Object menjadi Cylinder dan klik Apply. Jika ingin melihat hasilnya, bisa dengan menghapus objek Cylinder yang menimpa Cube atau dengan hide Cylinder.


Langkah 5 : Jangan lupa untuk menambah kembali vertex yang berada ditengah objek Cube tersebut dengan cara seleksi face yang berada ditengah objek Cube, dan tekan Ctrl+T.


hasil dari Modifier > Boolean
            Sekian tutorial singkat dari saya mengenai Cara membolongkan objek (Boolean) pada Blender. Jika ada yang ingin ditanyakan ataupun saran dari bro/sis, silahkan berikan tanggapan dan saran bro/sis dalam kolom komentar yang ada dibawah postingan ini.


             Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Artikel Terkait

Cara membolongkan objek (Boolean) pada Blender
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 komentar

17 June 2021 at 20:46 delete

maaf mau nanya kalo misalnya boolean nyaa nggak muncul apply gimana cara untuk memperbaikinyaa?

Reply
avatar