Friday 13 April 2018

Cara membalikkan face objek di Blender

             Halo bro/sis, kembali lagi bersama saya diblog dan postingan ini dalam Cara membalikkan face objek di Blender. Disini saya ingin menunjukkan bagaimana cara membalikkan face (flip) pada objek di Blender dengan mudah.


            Pada beberapa objek yang dibuat, mungkin ada objek yang memiliki warna yang berbeda dari objek yang lainnya. Warna yang berbeda itu bisa saja terjadi karena warna pada diffuse sudah dirubah ataupun karena face pada objek tersebut berada pada sisi objek yang satunya atau didalam. Bagaimana cara mengetahui bahwa face pada objek tersebut terbalik? Mudah, cukup lihat warna face pada objek tersebut yang lebih gelap dari normal seperti pada gambar before yang ada diatas, maka bisa diketahui bahwa face yang ada digambar before terbalik. Cara lainnya yaitu dengan mengaktifkan menu Backface Culling.Nah, disini saya ingin menunjukkan bagaimana sih Cara membalikkan face objek di Blender dengan mudah, mari disimak penjelasan saya dibawah ini,

Langkah 1 : Buka aplikasi Blender dan file yang ingin diedit.


Langkah 2 : Aktifkan Edit Mode pada objek yang memiliki face terbalik. Bisa dilihat, bahwa face pada grill yang ada pada mobil tersebut terbalik. Disini saya akan membalikkan face pada grill dibawah mobil tersebut. Sebelum itu, seleksi face yang ingin dibalikkan.


Langkah 3 : Jika face yang ingin dibalikkan sudah diseleksi, maka tekan W pada keyboard dan pilih Flip Normals. Dan hasilnya bisa dilihat dengan kembali pada Object Mode.

Tekan W pada keyboard dan pilih Flip Normals
Hasil dari Flip Normals pada face yang terbalik

            Mudah bukan caranya? Sekian tutorial singkat dari saya mengenai Cara membalikkan face objek di Blender. Jika ada yang ingin ditanyakan ataupun saran dari bro/sis, silahkan berikan tanggapan dan saran bro/sis dalam kolom komentar yang ada dibawah postingan ini.



             Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Artikel Terkait

Cara membalikkan face objek di Blender
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email