Wednesday 10 January 2018

Cara membuat background foto menjadi efek blur di Adobe Photoshop tanpa seleksi


            Halo bro/sis, kembali lagi bersama saya diblog dan postingan ini dalam Cara membuat background foto menjadi efek blur di Adobe Photoshop tanpa seleksi. Dalam tutorial ini, saya ingin menunjukkan bagaimana cara membuat latar dari foto menjadi blur tanpa menggunakan seleksi di Adobe Photoshop.


             Efek blur pada latar belakang objek foto akan membuat seolah gambar yang kita ambil menggunakan kamera yang harganya tidak murah. Namun, disaat sekarang orang telah mampu memanipulasi latar belakang gambar agar menjadi semakin bagus. Contohnya efek blur yang ada pada gambar diatas. Terlihat perbedaan dari gambar sebelah kanan dan kiri yang telah diedit latar objeknya menjadi blur. Nah, langsung saja disimak langkah langkah yang akan saya paparkan dibawah ini,

Langkah 1 : Buka Adobe Photoshop bro/sis dan masukkan gambar yang ingin bro/sis edit latar belakangnya menjadi blur.


Langkah 2 : Duplikat layer Background, layer yang diatas untuk membuat latar objeknya menjadi blur, dan layer yang berada dibawahnya untuk objek yang ingin difokuskan.


Langkah 3 : Nonaktifkan layer Background, lalu gunakan Eraser Tool (E) untuk menghapus objek foto yang ada pada Background copy, tujuannya agar latar objek foto bisa dibuat efek blur. Untuk settingan di Eraser Tool, Master Diameter bisa diatur sesuai keinginan, dan Hardness atur menjadi 0%.


Langkah 4 : Jika sudah dihapus objek foto yang ada pada layer Background copy, maka hasilnya akan seperti ini.


Langkah 5 : Lalu lanjut ke tahap selanjutnya, beri efek blur pada layer Background copy dengan klik menu Filter > Blur > Gaussian Blur, lalu atur Radius sesuai dengan keinginan.


Langkah 6 : Aktifkan kembali layer Background dan lihat hasilnya. Tanpa menggunakan seleksi, latar dari objek bisa dibuat menjadi blur.


            Sekian tutorial saya tentang Cara membuat background foto menjadi efek blur di Adobe Photoshop tanpa seleksi.


            Jika ada yang ingin ditanyakan ataupun saran dari bro/sis, silahkan berikan tanggapan dan saran didalam kolom komentar yang ada dibawah postingan ini.

         Sampai jumpa bro/sis di postingan berikutnya.

Artikel Terkait

Cara membuat background foto menjadi efek blur di Adobe Photoshop tanpa seleksi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email