Monday 19 March 2018

Cara membuat Spring di Blender

            Halo bro/sis, kembali lagi bersama saya diblog dan postingan ini dalam Cara membuat Spring di Blender. Disini saya akan menunjukkan bagaimana cara membuat Spring yang biasa digunakan dalam Shockbreaker pada kendaraan.


            Membuat spring atau per seperti ini merupakan suatu hal yang rumit jika dikerjakan dengan cara manual, yaitu extrude > rotate dan seterusnya. Namun sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan sangat menghemat waktu. Nah, disini saya akan menunjukkan bagaimana Cara membuat Spring di Blender. Mari disimak penjelasan saya dibawah ini,

Langkah 1 : Buka aplikasi Blender dan buat objek Circle.


Cara menambah objek Circle

Langkah 2 :  Buka Modifiers > Add Modifier > Screw, sebelum itu rotate objek Circle 90 derajat pada sumbu Y dengan mengaktifkan Edit Mode. Lalu geser objek Circle kesamping kiri / kanan pada sumbu Y.

Rotate 90 derajat pada sumbu Y dan geser kesamping searah sumbu Y
Cara menambah Modifier Screw

Langkah 3 : Jika setelah menambah modifier screw objek Circle menjadi seperti ini, maka kita bisa mengatur Axis pada kotak Modifier Screw, pilih antara X, Y atau Z.


Atur Axis pada modifier screw jika objek Circle menjadi seperti gambar diatas, pilih antara X, Y ataupun Z Axis

Langkah 4 : Jika objek sudah terbentuk seperti dibawah ini, maka kita bisa mengatur Offset dan jumlah lingkar springnya sesuai dengan kebutuhan.


Untuk mengatur jarak tiap lingkar spring
Untuk menambah lingkar pada spring
            Mudah bukan caranya? Sekian tutorial singkat dari saya mengenai Cara membuat Spring di Blender. Jika ada yang ingin ditanyakan ataupun saran dari bro/sis, silahkan berikan tanggapan dan saran bro/sis dalam kolom komentar yang ada dibawah postingan ini.


             Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Artikel Terkait

Cara membuat Spring di Blender
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email