Saturday 17 March 2018

Cara menggunakan modifier Array di Blender

            Halo bro/sis, kembali lagi bersama saya diblog dan postingan ini dalam Cara menggunakan modifier Array di Blender. Disini saya akan menunjukkan bagaimana cara menggunakan modifier Array di Blender.


            Biasanya, modifier Array ini sangat berguna jika kita ingin membuat objek alur pada ban pada Blender. Dengan menggunakan modifier Array, hasil dari alur yang dibuat bisa menjadi akurat. Namun tidak terbatas hanya pada alur ban saja, modifier Array bisa digunakan untuk hal yang lain. Disini saya akan menunjukkan Cara menggunakan modifier Array di Blender dengan mudah. Mari disimak penjelasan saya dibawah ini,

Langkah 1 : Buka aplikasi Blender dan objek yang ingin bro/sis edit.


Langkah 2 : Disini saya akan mencontohkan modifier Array pada objek Cylinder tersebut, sebelum itu aktifkan Edit Mode pada Cylinder tersebut, lalu seleksi semua dan geser Cylinder tersebut keluar dari titik pivot objek. Jangan pernah digerakkan / diperbesar ataupun diperkecil objek yang ingin diberikan modifier Array, jika ingin digerakkan / diperbesar atau diperkecil, harus melewati Edit Mode.


Langkah 3 : Jika objek sudah dipindahkan melalui Edit Mode, maka selanjutnya klik Modifiers > Add Modifier > Array. Lalu atur angka yang dibawah ini sesuai dengan kebutuhan. Sebelum itu, kita harus membuat Empty > Arrow untuk poros dari modifier Array.


Pengaturan pada modifier Array
Menambah Empty > Arrows

Langkah 4 : Jika hasil sudah seperti gambar dibawah ini, maka aktifkan Empty dan rotate Z.


            Sekian tutorial singkat dari saya mengenai Cara menggunakan modifier Array di Blender. Jika ada yang ingin ditanyakan ataupun saran dari bro/sis, silahkan berikan tanggapan dan saran bro/sis dalam kolom komentar yang ada dibawah postingan ini.


             Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Artikel Terkait

Cara menggunakan modifier Array di Blender
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email