Thursday 25 October 2018

Cara menampilkan wireframe pada render di Blender

             Halo bro/sis, kembali lagi bersama saya diblog dan postingan ini dalam Cara menampilkan wireframe pada render di Blender. Disini saya ingin menunjukkan bagaimana cara menampilkan wireframe dihasil image render di Blender.


            Menampakkan wireframe di hasil image render merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menambah estetika dari objek 3D yang dirender dan digunakan untuk memberitahu kepada yang lain bahwa hasil karya yang kita buat merupakan asli buatan sendiri tanpa ada mengklaim hasil karya 3D orang lain. Nah disini saya ingin menunjukkan bagaimana Cara menampilkan wireframe pada render di Blender. Mari disimak penjelasan saya dibawah ini,

Langkah 1 : Buka aplikasi Blender dan masuk kedalam project bro/sis.


Langkah 2 : Pilih Modifiers > Add Modifier > Wireframe


Langkah 3 : Atur hasil modifier wireframe tadi sesuai dengan kebutuhan, jika ingin menampakkan face dibelakang wireframe, Replace Original di uncheck saja.

Pengaturan Modifier Wireframe
Hasil settingan modifier wireframe diatas

Langkah 4 : Jika ingin mengganti warna wireframe sesuai keinginan, tambah 1 material lagi pada objek tersebut. Lalu buka kembali settingan modifier wireframe tadi, ubah angka Material Offset jadi 2. Kenapa material offsetnya diganti jadi angka 2? karena urutan material wireframe berada di slot 2, jika material wireframe kita letakkan di slot 1, maka material offsetnya diganti jadi 1, begitu juga seterusnya.

Material
Pengaturan Material Offset agar warna wireframe berbeda dengan warna dasarnya

             Sekian tutorial singkat dari saya tentang Cara menampilkan wireframe pada render di Blender. Jika ada yang ingin ditanyakan ataupun saran dari bro/sis, silahkan berikan tanggapan dan saran bro/sis dalam kolom komentar yang ada dibawah postingan ini.


             Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Artikel Terkait

Cara menampilkan wireframe pada render di Blender
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email